Acara Pengabdian Masyarakat Prodi Akupunktur Medik FKUI

Pandemi COVID-19 sudah berlangsung di Indonesia sejak Maret 2020, RSCM telah mengalokasikan fasilitas gedung Kiara Ultimate RSCM untuk penganganan Pasien COVID-19. Tenaga medis yang ditugaskan untuk keberlangsungan pelayanan bagi pasien COVID-19 berasal dari berbagai departemen di RSCM secara bergiliran. Tingginya resiko penularan dan kematian yang diakibatkan oleh COVID-19 juga berdampak pada tingkat kecemasan dari sumber daya manusia yang bekerja di Kiara Ultimate.

Departemen Medik Akupunktur RSCM dan Program Studi Akupunktur Medik FKUI bekerjasama dengan RSCM Kiara Ultimate mengadakan kegiatan kegiatan pengabdian masyarakat tahun 2020 dengan judul “Dari Nakes, oleh Nakes, untuk Semua”. Tema acara ini adalah “Terapi akupunktur untuk meningkatkan kebugaran dan mengatasi stres untuk tenaga medis dan non medis”. Acara dilakukan selama 4 hari pada tanggal 18-19 dan 25-26 Agustus 2020 yang terbagi dalam beberapa sesi untuk membatasi jumlah peserta yang diterapi sehingga protokol kesehatan tetap dapat diterapkan.

Acara ini berlangsung dengan dibuka oleh dr. Sumariyono, Sp.PD-KR, M.P.H selaku Penasehat Kegiatan, dr. Irma Nareswari, B. Med.Sc, Sp.Ak selaku Ketua Panitia, dan pihak Koordinator Pelaksana RSCM Kiara Ultimate dr. Hadiki Habib, Sp.PD. Pelaksanaan acara dibantu oleh Ns. Tanty Harjati, S.Kep selaku sekretaris acara, dan oleh PPDS Akupunktur Medik selaku dokter yang melakukan terapi akupunktur.

Antusiasme para peserta untuk mengikuti acara ini terlihat dari jumlah peserta dari para tenaga medis dan non medis yang cukup besar yaitu sebanyak 113 orang, yang terdiri dari dokter spesialis, PPDS, perawat, dan pegawai RSCM. Peran akupunktur dalam kondisi pandemi seperti ini dapat bermanfaat dalam mengatasi kecemasan, depresi, insomnia, dan fatigue. Acara ini diadakan sebagai bentuk dukungan dari penyelenggara kepada para pejuang di era pandemi covid ini, dengan harapan rekan-rekan kita dapat terus bersemangat dan tetap sehat untuk menghadapi pandemi COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upcoming Events