Peran Akupunktur Medik dalam Mengatasi Kebotakan

Gambar Sebelum (A) dan Sesudah (B) Terapi Akupunktur Untuk Kebotakan

Kebotakan dapat menjadi sesuatu yang meresahkan bagi beberapa orang khususnya perempuan, karena rambut merupakan mahkota wanita. Namun tidak menutup kemungkinan menjadi masalah juga untuk laki-laki. Hal ini dikarenakan lokasi kebotakan yang dapat terlihat oleh orang lain sehingga dapat mengganggu kepercayaan diri. Kebotakan yang dalam bahasa ilmiah disebut Alopecia merupakan kerontokan atau hilangnya sebagian maupun seluruh rambut pada kulit kepala. Selain dari kulit kepala, kebotakan dapat terjadi juga pada rambut tubuh lainnya seperti alis, bulu mata, jenggot, rambut ketiak dan lain nya.

Beberapa faktor yang dapat memicu terjadinya kebotakan adalah faktor genetik, autoimunitas, hormonal, stres emosional maupun salah penggunaan shampo atau produk rambut lainnya. Stress merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk diatasi, dikarenakan kebotakan akan sulit diatasi apabila disertai stress.

Penanganan alopecia merupakan pekerjaan yang menantang karena sejumlah faktor risiko yang terlibat sebagai penyebabnya. Beberapa terapi seperti obat-obatan yang diminum, obat oles maupun perubahan gaya hidup terkadang belum memberikan hasil yang diinginkan. Akupunktur dapat berperan dalam penanganan alopecia. Kombinasi terapi akupunktur dan pengobatan lainnya dapat memberikan hasil yang memuaskan pada keadaan alopecia.

Akupunktur bertujuan untuk mengurangi jumlah kerontokan rambut dan memperbaiki pertumbuhan rambut baru. Akupunktur juga mengobati alopecia dengan cara mengatasi gejala maupun faktor resiko yang mengakibatkan terjadinya alopecia. Akupunktur terbukti secara klinis dapat mempengaruhi kondisi hormonal, memberikan efek anti-radang maupun memberikan relaksasi untuk mengatasi stress emosional.

Jenis-jenis metode terapi akupunktur meliputi tusuk jarum, stimulasi listrik, laserpunktur, dan akupunktur menggunakan jarum khusus untuk kulit kepala. Akupunktur dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu sampai mencapai satu seri, dengan satu seri sebanyak 12 kali terapi akupunktur dan dapat diulang untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upcoming Events