Webinar & Workshop MERIDIAN (Medical Approach in Daily Practice with Acupuncture and Acupressure) 6 Maret 2021

Medical Approach in Daily Practice with Acupuncture and Acupressure– 6 Maret 2021

PLD (Pelantikan Lulusan Dokter) FKUI bekerja sama dengan Program Studi Akupunktur Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah mengadakan Webinar yang bertajuk MERIDIAN (Medical Approach in Daily Practice with Acupuncture and Acupressure) pada tanggal 6 Maret 2021 melalui media daring. Webinar MERIDIAN diselenggarakan dalam rangka kelulusan Dokter FKUI tahun 2021 yang bertepatan dalam masa Pandemi COVID19 memberikan wawasan baru bagaimana akupunktur dan akupresur dapat berperan dalam kehidupan sehari-hari.

Acara ini diketuai oleh dr. Diana Oei, B.MedSc (Hons), Sp.Ak yang dihadiri sekaligus dibuka secara resmi oleh perwakilan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr. dr. Em Yunir, Sp.PD-KEMD dan diikuti oleh dokter spesialis Akupunktur Medik, PPDS Akupunktur Medik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dokter umum, serta mahasiswa kedokteran yang berminat dengan Akupunktur dari seluruh Indonesia. 

Webinar ini bermaksud untuk memberikan pendidikan kedokteran berkelanjutan berbentuk webinar (daring) untuk mempertahankan dan menambah wawasan pendidikan setiap dokter khususnya di bidang ilmu Akupunktur Medik. Pemaparan pengetahuan tidak hanya diberikan melalui materi tetapi juga workshop mengenai Akupresur, sehingga peserta yang mengikuti dapat langsung mempraktekkan sendiri di tempat masing-masing.

Materi dibawakan oleh 5 narasumber dokter spesialis Akupunktur Medik, yaitu dr. Irma Nareswari, B.Med,Sc, Sp.Ak yang juga selaku Kepala Program Studi Akupunktur Medik Universitas Indonesia mengajarkan mengenai workshop Apa itu Akupresur dan Bagaimana Cara Melakukannya, dr. Darwin Harpin, Sp.Ak membawakan tentang Peran Akupunktur dan Akupresur pada Kondisi Anxietas Selama COVID-19, dr. Yoshua Viventius, Sp.Ak membawakan materi mengenai Peran Akupunktur Medik dalam Penyakit Tidak Menular (PTM), dr. Stefanus Agung, Sp.Ak membawakan materi tentang Mekanisme Akupunktur pada Nyeri, dr. Didi Lazuardi, Sp.Ak membawakan materi tentang Akupunktur pada Acne.  Materi yang diberikan berjalan sangat baik dengan didukung oleh para narasumber yang sangat kompeten menghasilkan besarnya atensi dan antusiasme peserta.

Diharapkan dengan diadakannya acara Webinar MERIDIAN ini dapat memberikan informasi mengenai perkembangan terbaru ilmu Akupunktur Medik dan Akupresur khususnya pada nyeri, ansietas, juga kecantikan dan memperkenalkan bidang program studi Akupunktur Medik terhadap dokter umum dan mahasiswa kedokteran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upcoming Events