Perawatan Jerawat dengan Akupunktur Medik

Setiap individu pastinya pernah mengalami timbulnya jerawat selama hidup. Biasanya dimulai selama masa remaja dan dapat sampai usia dewasa. Akne vulgaris atau secara awam yang disebut sebagai jerawat merupakan suatu kelainan kulit yang ditandai dengan erupsi komedo terbuka atau tertutup dan jerawat, yang dapat terjadi peradangan sehingga kulit kemerahan dan bengkak. Predileksi tempat yang paling sering adalah daerah wajah sehingga terkadang mengganggu estetika dan kepercayaan diri individu.

Faktor risiko yang berkontribusi pada perkembangan akne vulgaris sangat banyak, baik faktor dari dalam maupun dari luar tubuh. Faktor dari dalam tubuh seperti geentik, stress psikologis, hormonal dan pola makan, faktor dari luar tubuh dapat seperti paparan lingkungan seperti paparan debu, sinar matahari dan iklim.

Penanganan akne vulgaris meliputi multifaktorial dikarenakan faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangannya sangat banyak. Terapi seperti modifikasi gaya hidup, obat – obatan topikal dan oral, terkadang tidak memberikan hasil yang optimal. Akupunktur telah terbukti klinis dapat berperan dalam penanganan dan mengkontrol kekambuhan akne vulgaris. Akupunktur merupakan sebuah pengobatan berupa perangsangan titik – titik akupunktur menggunakan jarum. Terapi akupunktur dapat dikombinasikan dengan pengobatan kedokteran modern dan telah terbukti memberikan hasil yang baik pada keadaan akne vulgaris.

Tujuan pengobatan akne vulgaris adalah mencegah kekambuhan dan mengkontrol sehingga tidak terjadi erupsi peradangan yang kemudian dapat menyebabkan jaringan parut. Akupunktur terbukti secara klinis dapat mempengaruhi kondisi hormonal serta memiliki efek anti peradangan baik lokal di wajah maupun sistemik di seluruh tubuh.

Terapi akupunktur dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu sebanyak satu seri, dimana satu seri akupunktur terdiri dari 12 kali terapi. Jenis – jenis metode terapi akupunktur meliputi tusuk jarum, stimulasi listrik, laserpunktur, dan farmakopunktur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Upcoming Events