Terapi Akupunktur Medik Untuk Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP) merupakan gejala penyakit yang paling sering ditemukan pada praktek sehari-hari. Sekitar 80% penduduk dunia pernah merasakan keluhan ini, sehingga nyeri punggung bawah memiliki dampak sosioekonomi yang cukup besar. Keluhan ini dapat sangat mengganggu aktivitas sehingga mempengaruhi produktivitas dan kualitas hidup seseorang.

Nyeri punggung bawah adalah nyeri atau rasa tidak nyaman pada daerah antara tepi iga dan lipat bokong bawah. Keluhan nyeri punggung bawah bisa disertai ataupun tanpa nyeri menjalar pada tungkai. Nyeri dirasakan seperti tertusuk, panas, tajam atau tumpul, mudah atau sulit terlokalisir, dengan tingkat rasa nyeri ringan sampai berat. Sumber nyeri punggung bawah dapat berasal dari berbagai jaringan seperti otot, jaringan ikat, sendi, pembuluh darah dan lain-lain. Terdapat beberapa faktor resiko yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung bawah antara lain faktor usia, jenis kelamin, status sosial ekonomi, dan tingkat pendidikan; faktor pekerjaan berupa aktivitas dalam bekerja seperti membungkuk, mengangkat atau berputar serta pekerjaan dengan sikap tubuh yang monoton; faktor kesehatan seperti IMT, merokok, status kesehatan umum; faktor psikologis seperti depresi dan gangguan cemas; dan faktor anatomi tulang belakang.

Menurut American College of Physicians, akupunktur merupakan salah satu terapi tanpa obat-obatan yang direkomendasikan untuk nyeri punggung bawah. Pilihan terapi akupunktur yang dapat diberikan pada pasien nyeri punggung bawah antara lain dengan menggunakan akupunktur manual, elektroakupunktur, rangsang panas, dan laserpunktur. Akupunktur dilakukan dua sampai tiga kali dalam seminggu terbukti bermanfaat dalam mengurangi sampai menghilangkan keluhan nyeri punggung bawah dan mengurangi penggunaan obat-obatan sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien dengan nyeri punggung bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Upcoming Events