Peran Akupunktur pada Gangguan Penggunaan Alkohol.

Gangguan penggunaan alkohol (alcohol use disorder/AUD) ditandai oleh pola konsumsi alkohol yang maladaptif, yang mengarah pada masalah kesehatan dan sosial. Diperkirakan 240 juta orang di seluruh dunia terkena dampaknya. Konsumsi alkohol yang berlebihan merupakan faktor risiko penting untuk berbagai penyakit medis, seperti kanker dan penyakit kardiovaskular, dan dapat menyebabkan penyakit hati terkait alkohol dan kekurangan gizi. Selain itu, beberapa bukti menunjukkan bahwa penyalahgunaan alkohol berkelanjutan dapat menyebabkan kelainan saraf dan kerusakan otak. Individu yang menderita alkoholisme dapat mengalami gangguan fungsi neurokognitif, termasuk kesulitan dengan fungsi eksekutif dan memori kerja, dan disfungsi di beberapa area otak1,2.

Sindrom penarikan alkohol adalah serangkaian tanda dan gejala yang kompleks baik fisik maupun psikologis yang terjadi setelah penghentian tiba-tiba konsumsi alkohol kronis yang berkembang dengan keracunan alkohol berkepanjangan [16] dan muncul dalam beberapa jam setelah penghentian konsumsi alkohol. Akupunktur telah dilaporkan efektif dalam menghilangkan tanda-tanda penarikan alkohol fisik dan psikologis2.

Konsekuensi berbahaya yang terkait dengan penyalahgunaan alkohol dan tingginya prevalensi gangguan penggunaan alkohol memerlukan intervensi yang efektif dalam pengaturan perawatan kesehatan. Data epidemiologis menunjukkan bahwa pasien dengan gangguan penggunaan alkohol sebagian besar tidak diobati meskipun kemanjuran pengobatan, yang mungkin mencerminkan kebutuhan akan terapi alternatif1,4.

Metode yang paling penting untuk keberhasilan pengobatan AUD adalah untuk mencegah tingginya tingkat keinginan dan kekambuhan. Sayangnya, tidak ada intervensi medis yang memuaskan untuk mencegah kekambuhan alkohol3,4.

Akupunktur muncul sebagai pengobatan untuk kecanduan pada 1970-an dan laporan pertama, dari sebuah studi di Hong Kong, menunjukkan bahwa akupunktur merupakan pendekatan medis komplementer dan alternatif yang relatif aman. Sejak itu, beberapa protokol pengobatan akupunktur telah dibentuk untuk mengobati penyalahgunaan zat. Studi klinis fokus terutama pada penerapan titik akupunktur tubuh, telinga atau kombinasinya untuk pengobatan ketagihan alkohol dan ketidaknyamanan terkait. Para peneliti telah mencoba untuk menjelaskan efek terapi akupunktur pada pengurangan gejala terkait kecanduan dan mengatur disfungsi otak. Sebuah studi meta-analisis baru-baru ini menunjukkan efek menguntungkan yang signifikan dari akupunktur pada gejala klinis terkait kecanduan, seperti alkohol, penarikan/ketagihan alkohol dan kecemasan. Hasil meta-analisis lain menunjukkan bahwa perawatan akupunktur memiliki efek yang lebih kuat pada pengurangan gejala klinis tertentu, termasuk keinginan/penghentian alkohol, dan memodulasi perilaku yang berhubungan dengan alkohol dibandingkan dengan kontrol. Selain itu, akupunktur dapat menurunkan konsumsi alkohol, menyeimbangkan pelepasan neurotransmiter dan hormon yang berubah di area otak yang terkait kecanduan2,5,6.

  1. Shin NY, Lim YJ, Yang CH, Kim C. Acupuncture for Alcohol Use Disorder: A Meta-Analysis. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine Volume 2017, Article ID 7823278, 6 pages http://dx.doi.org/10.1155/2017/7823278
  2. Chen P, et al. Acupuncture for alcohol use disorder. Int J Physiol Pathophysiol Pharmacol. 2018; 10(1): 60-69.
  3. Grant BF, et al. Epidemiology of DSM-5 alcohol use disorder: results from the national epidemiologic survey on alcohol and related conditions III. JAMA Psychiatry. 2015 vol. 72, no. 8:757–766.
  4. Chang, et al. Acupuncture attenuates alcohol dependence through activation of endorphinergic input to the nucleus accumbens from the arcuate nucleus. Sci. Adv. 2019; 5 : eaax1342.
  5. Grant R, et al. Acupuncture for substance use disorders: a systematic review and meta-analysis. Drug and Alcohol Dependence. 2016. Vol. 163:1–15.
  6. Harper C. The neuropathology of alcohol-related brain damage. Alcohol and Alcoholism. 2009. Vol. 44, no. 2:136–140.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Upcoming Events